Sunday, 1 November 2015

Merangkai Scenes dan Actor

Setelah anda berhasil membuat Scenes, mengunduh Actor dan Tileset, sekarang saatnya menuju langkah selanjutnya yaitu menempatkan tileset pada Scenes.

Bagi yang belum memahami tentang scenes actor dan tileset silakan pelajari lagi disini.
Bagi yang ingin mengulang dari awal silakan klik disini.


MEMBANGUN SCENES DENGAN TILESET

Seperti pembahasan terdahulu, scenes merupakan lokasi lahan, sedang tileset adalah material, maka disini anda akan membangun arena game dengan material tileset. Mungkin akan lebih mudah jika langsung praktek.

MEMBUAT GROUNDING (PIJAKAN) UNTUK ACTOR

Langkahnya adalah sebagai berikut:
  
1.       Tutup semua jendela dengan klik tanda silang (kotak merah), hingga hanya tersisa  dashboard.


2.       Kemudian klik scenes, lalu klik 2 x  icon level1, terlihat seperti pada gambar.


3.       Perhatikan tileset sebelah kanan (kotak merah), kemudian klik bagian yang saya lingkari(dalam kotak merah), lepaskan mouse, geser mouse ke ujung kiri bawah scene, lalu klik kembali, maka tileset (T1) terpasang.


4.       Klik disebelah kanan dari T1, drag mouse ke kanan hingga ke ujung scenes. Hingga terlihat seperti pada gambar. Nah anda sudah berhasil membuat tanah pijakan untuk aktor kita.




MEMBUAT RINTANGAN UNTUK ACTOR DAN GRAVITASI UNTUK SCENES

Langkah membuat rintangan sama seperti membuat grounding, hanya posisinya berada di atas grounding. Lebih jelasnya ayo kita buat bersama.

1.       Klik tileset di sebelah kanan yang saya lingkari, tahan di no 1 merah dan drag menuju no 6 lalu lepaskan mouse. Lalu geser menuju scenes R1.


2.    Buat rintangan sebanyak 3 buah dengan cara yang sama. Tinggi rintangan bisa anda buat bervareasi seperti contoh yang saya buat.


3.       Agar nampak alami, anda bisa membuat gravity yang berlaku untuk scene dan aktor. Hal ini bertujuan agar saat actor melompat bisa kembali ke grounding (bawah) lagi. Caranya  adalah klik physics. Posisi physics  seperti yang terlihat pada bagian yang saya lingkari. Kemudian untuk nilai grafity (horizontal) biarkan 0.0, sedang grafity vertikal ubah nilainya menjadi 85.0, kemudian save game.



MEMASUKKAN ACTOR KE DALAM SCENES

Aktor yang dimaksud adalah Monkey, sebelum memasukkan ke dalam scenes, kita perlu memberikan beberapa aturan (behavior) untuk sang actor. Aturan tersebut termasuk penggunaan tombol pada keyboard, bagaimana dia berjalan, melompat, berlari dan sebagainya. Untuk mengatur behavior sang aktor, silahkan anda ikuti langkah di bawah ini.

1.       Tutup semua jendela, sisakan dashboard dan level1.
2.    Klik dashboard, lalu klik actor type kemudian dobel klik pada ikon stencyl book monkey sebelah kanan (lihat gambar dengan lingkaran dan kotak merah)


3.       Anda sekarang berada pada halaman pengaturan actor stencyl book monkey kemudian klik behavior.


4.       Kemudian akan terlihat seperti gambar ini, klik add behavior di pojok kiri bawah (lingkaran merah),


5.    Kemudian muncul halaman baru, klik controls  (lingkaran merah),lihat sebelah kanan kemudian dobel klik icon Jump and Run Movement (kotak merah).


6.    Pada tahapan ini anda akan menentukan tombol keyboard untuk mengontrol gerak monyet, juga tampilan monyet saat bergerak ke depan, belakang, lompat dan sebagainya.

7.       Halaman ini saya crop dan zoom untuk memperjelas isinya. Sekarang anda masukkan pengaturan seperti yang nampak pada gambar. Kik kotak merah untuk merubah pengaturan.



8.   Setelah selesai, anda scroll halaman ke bawah, masukkan juga pengaturan seperti yang nampak pada gambar. Kik kotak merah untuk merubah pengaturan.



9.       Pada pop up choose animation, pilih gambar yang sesuai dengan posisi monyet, kemudian klik OK.  Setelah itu save game.

Pengaturan dasar sudah selesai dilaksanakan, sekarang saatnya anda masukkan monyet ke arena game.

Langkahnya sebagai berikut:

1.       Tutup semua jendela sisakan  dashboard.
2.       Kemudian klik scenes, lalu klik 2 x  icon level1, terlihat seperti pada gambar.


3.       Pada halaman level1(perhatikan gambar), klik palette actor di sebelah kanan (lingkaran merah), setelah muncul 3 icon actor, anda klik sekali  icon monyet jangan ditahan, lepaskan klik mouse, geser mouse lokasi diatas tanah (seperti terlihat dalam gambar), lalu klik sekali lagi kemudian tekan tombol Esc (keyboard).


Sekarang monyet sudah berada di lokasi permainan, saatnya pengujian awal apakah kontrol keyboard anda berfungsi untuk game ini. Ingat dalam game ini anda menggunakan kontrol keyboard untuk menjalankan. Tombol yang dipakai adalah: tombol panah atas untuk jump (melompat), tombol panah  kiri untuk jalan ke belakang (kiri), tombol panah kanan untuk jalan ke depan (kanan).

Usahakan saat menjalankan actor si Monyet jangan sampai melewati batas scenes karena  monyet akan menghilang. Untuk mengatasihal tersebut pada pembahasan berikutnya akan kita buat pengaturan pembatasan ini, dan agar posisi monyet selalu di depan kamera.


PENGUJIAN KONTROL GAME

Saatnya proses test game, langkahnya adalah sebagai berikut:

1.    Perhatikan gambar, silakan klik pilihan platform disebelah kanan atas, saya sarankan anda menggunakan pilihan platform flash browser karena lebih ringan saat menjalankan game nantinya. Kemudian anda klik test game.


2.       Proses selanjutnya adalah menunggu program ini merubah dalam bentuk game siap pakai. Dalam proses ini ada beberapa tahapan yaitu saving, prepping, finalizing dan compiling. Semua sudah serba otomatis anda tidak perlu menekan tombol apapun.


3.    Jika proses selesai, anda akan dialihkan secara otomatis ke browser default anda, silakan menunggu hingga game selesai loading. Begitu game anda muncul segera klik sekali pada lokasi scenes (dalam kotak merah). Silakan tekan tombol panah kanan ada keyboard, jika monyet bergerak maju, artinya anda berhasil. Silakan coba juga dengan tombol lainnya. Ingat, saat mencoba menekan tombol panah atas (Jump/melompat) lakukan dengan cepat agar lompatan monyet tidak terlalu tinggi hingga keluar arena. Jika monyet menghilang, tekan tombol reload/refresh pada browser.



Berikutnya adalah pembahasan mengenai Posisi actor agar tetap berada pada scenes, memasukkan aktor lain yaitu makanan (pisang) dan musuh (ular). Bagaimana pengaturan saat monyet bertemu ular, atau mendapatkan makanan.




6 comments:

  1. Sangat membantu, Kelanjutannya mana lagi nih kka?

    ReplyDelete
  2. Gan....kalau untuk game android pengaturan control menggerakan actor gimana,?

    ReplyDelete
  3. untuk pengetahuan lebih luas lagi, kunjungi juga:

    http://aliftabah.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. artikel yang menarik, cuman mana nih kelanjutannya

    ReplyDelete
  5. gan kelanjutannya dong gan,soalnya cuman setengah aja pas di test setengah backroud?

    ReplyDelete
  6. nih lanjutanya gimana lagi kak????

    ReplyDelete