Setelah anda berhasil membuat Scenes, mengunduh Actor dan Tileset,
sekarang saatnya menuju langkah selanjutnya yaitu menempatkan tileset pada
Scenes.
Bagi yang belum memahami tentang
scenes actor dan tileset silakan pelajari lagi disini.
MEMBANGUN SCENES DENGAN TILESET
Seperti pembahasan terdahulu, scenes merupakan lokasi lahan, sedang
tileset adalah material, maka disini anda akan membangun arena game dengan
material tileset. Mungkin akan lebih mudah jika langsung praktek.
MEMBUAT GROUNDING (PIJAKAN)
UNTUK ACTOR
Langkahnya adalah sebagai berikut:
1.
Tutup semua jendela dengan klik tanda silang
(kotak merah), hingga hanya tersisa
dashboard.
2.
Kemudian klik scenes, lalu klik 2 x icon level1, terlihat seperti pada gambar.
3.
Perhatikan tileset sebelah kanan (kotak merah),
kemudian klik bagian yang saya lingkari(dalam kotak merah), lepaskan mouse,
geser mouse ke ujung kiri bawah scene, lalu klik kembali, maka tileset (T1)
terpasang.
4.
Klik disebelah kanan dari T1, drag mouse ke
kanan hingga ke ujung scenes. Hingga terlihat seperti pada gambar. Nah anda
sudah berhasil membuat tanah pijakan untuk aktor kita.
MEMBUAT RINTANGAN UNTUK ACTOR
DAN GRAVITASI UNTUK SCENES
Langkah membuat rintangan sama seperti membuat grounding, hanya
posisinya berada di atas grounding. Lebih jelasnya ayo kita buat bersama.
1.
Klik tileset di sebelah kanan yang saya
lingkari, tahan di no 1 merah dan drag menuju no 6 lalu lepaskan mouse. Lalu
geser menuju scenes R1.
2. Buat rintangan sebanyak 3 buah dengan cara yang
sama. Tinggi rintangan bisa anda buat bervareasi seperti contoh yang saya buat.
3.
Agar nampak alami, anda bisa membuat gravity
yang berlaku untuk scene dan aktor. Hal ini bertujuan agar saat actor melompat
bisa kembali ke grounding (bawah) lagi. Caranya
adalah klik physics. Posisi physics
seperti yang terlihat pada bagian yang saya lingkari. Kemudian untuk
nilai grafity (horizontal) biarkan 0.0, sedang grafity vertikal ubah nilainya
menjadi 85.0, kemudian save game.
MEMASUKKAN ACTOR KE DALAM
SCENES
Aktor yang dimaksud adalah Monkey, sebelum memasukkan ke dalam scenes,
kita perlu memberikan beberapa aturan (behavior) untuk sang actor. Aturan
tersebut termasuk penggunaan tombol pada keyboard, bagaimana dia berjalan,
melompat, berlari dan sebagainya. Untuk mengatur behavior sang aktor, silahkan
anda ikuti langkah di bawah ini.
1.
Tutup semua jendela, sisakan dashboard dan level1.
2. Klik dashboard,
lalu klik actor type kemudian dobel klik pada ikon stencyl book monkey
sebelah kanan (lihat gambar dengan lingkaran dan kotak merah)
3.
Anda sekarang berada pada halaman pengaturan actor
stencyl
book monkey kemudian klik behavior.
4.
Kemudian akan terlihat seperti gambar ini, klik add behavior di pojok kiri bawah
(lingkaran merah),
5. Kemudian muncul halaman baru, klik controls
(lingkaran merah),lihat sebelah kanan kemudian dobel klik icon Jump
and Run Movement (kotak merah).
6. Pada tahapan ini anda akan menentukan tombol keyboard untuk mengontrol gerak monyet,
juga tampilan monyet saat bergerak ke depan, belakang, lompat dan sebagainya.
7.
Halaman ini saya crop dan zoom untuk memperjelas
isinya. Sekarang anda masukkan pengaturan seperti yang nampak pada gambar. Kik
kotak merah untuk merubah pengaturan.
8. Setelah selesai, anda scroll halaman ke bawah,
masukkan juga pengaturan seperti yang nampak pada gambar. Kik kotak merah untuk
merubah pengaturan.
9.
Pada pop up choose animation, pilih gambar yang
sesuai dengan posisi monyet, kemudian klik OK.
Setelah itu save game.
Pengaturan dasar sudah selesai dilaksanakan, sekarang saatnya anda
masukkan monyet ke arena game.
Langkahnya sebagai berikut:
1.
Tutup semua jendela sisakan dashboard.
2.
Kemudian klik scenes, lalu klik 2 x icon level1, terlihat seperti pada gambar.
3.
Pada halaman level1(perhatikan gambar), klik palette actor di sebelah kanan
(lingkaran merah), setelah muncul 3 icon actor, anda klik sekali icon monyet jangan ditahan, lepaskan klik mouse,
geser mouse lokasi diatas tanah (seperti terlihat dalam gambar), lalu klik sekali
lagi kemudian tekan tombol Esc (keyboard).
Sekarang monyet sudah berada di lokasi permainan, saatnya pengujian
awal apakah kontrol keyboard anda berfungsi untuk game ini. Ingat dalam game
ini anda menggunakan kontrol keyboard untuk menjalankan. Tombol yang dipakai
adalah: tombol panah atas untuk jump (melompat), tombol panah kiri untuk
jalan ke belakang (kiri), tombol panah kanan untuk jalan ke depan (kanan).
Usahakan saat menjalankan actor
si Monyet jangan sampai melewati batas scenes karena monyet akan menghilang. Untuk mengatasihal
tersebut pada pembahasan berikutnya akan kita buat pengaturan pembatasan
ini, dan agar posisi monyet selalu di depan kamera.
PENGUJIAN KONTROL GAME
Saatnya proses test game, langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Perhatikan gambar, silakan klik pilihan platform disebelah kanan atas, saya
sarankan anda menggunakan pilihan platform flash
browser karena lebih ringan saat menjalankan game nantinya. Kemudian anda
klik test game.
2.
Proses selanjutnya adalah menunggu program ini
merubah dalam bentuk game siap pakai. Dalam proses ini ada beberapa tahapan
yaitu saving, prepping, finalizing dan compiling. Semua sudah serba otomatis
anda tidak perlu menekan tombol apapun.
3. Jika proses selesai, anda akan dialihkan secara
otomatis ke browser default anda, silakan menunggu hingga game selesai loading.
Begitu game anda muncul segera klik sekali
pada lokasi scenes (dalam kotak merah).
Silakan tekan tombol panah kanan ada keyboard, jika monyet bergerak maju,
artinya anda berhasil. Silakan coba juga dengan tombol lainnya. Ingat, saat
mencoba menekan tombol panah atas (Jump/melompat) lakukan dengan cepat agar
lompatan monyet tidak terlalu tinggi hingga keluar arena. Jika monyet
menghilang, tekan tombol reload/refresh pada browser.
Berikutnya adalah pembahasan mengenai Posisi actor agar tetap berada
pada scenes, memasukkan aktor lain yaitu makanan (pisang) dan musuh (ular). Bagaimana
pengaturan saat monyet bertemu ular, atau mendapatkan makanan.
Sangat membantu, Kelanjutannya mana lagi nih kka?
ReplyDeleteGan....kalau untuk game android pengaturan control menggerakan actor gimana,?
ReplyDeleteuntuk pengetahuan lebih luas lagi, kunjungi juga:
ReplyDeletehttp://aliftabah.blogspot.co.id/
artikel yang menarik, cuman mana nih kelanjutannya
ReplyDeletegan kelanjutannya dong gan,soalnya cuman setengah aja pas di test setengah backroud?
ReplyDeletenih lanjutanya gimana lagi kak????
ReplyDelete